17 Agu 2012

Sebuah Nasionalisme -aku Dan Indonesia

17 AGUSTUS 1945

Hampir keseluruhan warga negara Indonesia pasti tau tanggal bersejarah ini, yaps ... kemerdekaan Republik Indonesia -Negeri kebanggaanku . 
Walau pada milenium ini peperangan sudah tak dapat kita saksikan, hanya bisa memperingatinya sebagai hari nasional Indonesia, hari libur nasional. Berbicara soal kemerdekaan tak lengkap jika tak menyentuh ranah nasionalisme, nasionalisme itu bagi kalian apa kawan? 
apakah dengan mengadakan upacara bendera setiap hari Senin, Upacara setiap tgl 17 Agustus atau dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia -Indonesia Raya- apakah itu sikap nasionalisme sewajarnya?. 
kalau memang itu patokannya, aku mungkin bukan termasuk nasionalis :). Kalau boleh aku bercerita sedikit, mengakui sebuah rahasia kecilku, aku sebenarnya tak pernah melaksanakan upacara bendera....- kalaupun pernah itu hanya sekali entah dua kali...

Memang mengherankan tapi itulah kenyataannya, bukan karna aku tak pernah menyentuh bangku sekolah... bukan ... hanya dari awal aku menginjakkan kaki ke ranah dunia ilmu dalam wujud yang bernama sekolah aku tak pernah diajarkan untuk itu -Upacara Bendera- miris mungkin bagiku, ketika pertama kali aku melihat bendera merah putih naik ke awan dengan khidmat semua menyanyikan Indonesia Raya rasanya dada sesak , haru menyeruak, entah apa itu mungkin sebuah perasaan memiliki, memiliki sebuah negara.

Nasiolisme memang kadang tak pernah berhenti hanya pada itu tapi mungkin sesuatu seperti upacara bendera atau menyenandungkan lagu Indonesia raya itu adalah sebuah pelengkap. Tapi keduanya tak aku alami atau aku kuasai, pun dengan lagu Indonesia raya kalau disuruh menyanyikannya pasti yang terdengar dari mulutku patah kata - demi patah kata yang tidak memenuhi kriteria BISA. Tapi bagiku tanpa itu semua aku tetap Indonesia sampai ke tulang-tulangku aku berdarah Indonesia tanpa secuil pun bantahan. Problematika yang kuhadapi mungkin tidak aku saja yang mengalaminya, mungkin di sudut Indonesia sana ada yang dengan mati-matian memperjuangkan Indonesia tanpa pernah bisa menyanyikan Indonesia Raya, semua itu mungkin terjadi :). Karna bagiku kebangsaanku nasionalisme Indonesia ada dalam hati .. hanya itu. 

17-08-2012 
DIRGAHAYU INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar