6 Sep 2018

Yogyakarta dan Kenangan (Part II)

Menyambung dari part I, sudah terlalu lama tapi ketika cerita pertama dilabeli Part I aneh kalau berhenti ha..ha..ha..

Pagi hari kami makan depan penginapan dengan harga yang terjangkau dan jauh berbeda dengan harga angkringan daerah malioboro, dan kenyang tentunya.

Rencana hari kedua adalah ke Borobudur, karna kemaren beli tiket terusan dari Candi Prambanan otomatis kami harus ke Candi Borobudur di Magelang. Pagi-pagi kami berangkat ke Terminal Giwangan naik TransJogja arah ke Terminal Giwangan, sekitar 15 menit dari pugeran sampai dan kami cari Bis 3/4 ke Magelang. Terminal Giwangan cukup kecil dan biasanya banyak orang yogya tapi jangan salah turis mancanegara pun ada yang naik bis ini, ongkos nya sekitar 20.000 untuk sekali perjalanan sampai terminal Borobudur.

Bis Terminal Giwangan

Perjalanan ditempuh dalam waktu 2 jam, nikmatin saja perjalanannya rame asli deh berasa jadi orang lokal 😀. Siap aja sama angin selama perjalanan, tapi sebenernya kita bisa aja naik Damri yang ber-AC dari Stasiun Yogyakarta - Magelang (turun di Pertigaan Palbapang lalu dijemput shuttle bus ke Borobudur) tapi karna rute ini lebih ribet jadi gak jadi opsi.

Sekitar jam 11, kita sampai ke stasiun Borobudur jalan sebentar ke Gerbang Candi Borobudur sekitar 500m (Tips: bawa payung atau setidaknya topi sama kacamata hitam, asli panas banget sampai silau susah liat).  Dari gerbang ke Candinya lumayan sih agak naik juga sambil foto-foto sih gak bakal kerasa juga. Disini sebenernya santai karna emang jadwalnya dari jam 11 sampai jam setengah 3,  jangan sore banget sih pulangnya soalnya biar sampai yogya juga ga terlalu sore.

"Panas banget asli deh"

Pulang dari Magelang karna udah sore waktunya cari oleh-oleh, kita cari oleh-oleh sekitar jalan Malioboro dan jalanan sekitarnya. Cari oleh-oleh enaknya di pasar Beringharjo cuma kalau udah sore biasanya udah pada tutup sih, jadi bisa keliling aja bandingin harga-harga yang pas. Enaknya sambil jalan-jalan dan foto di jalanan pinggirannya jadi kalau ditawarin naik becak mending jalan kaki deh kan banyak foto spot yang ciamik. Jalan-jalan cari souvenir sama makanan sampai sekitar jam 7an malem terus balik ke penginapan dan istirahat buat pulang.

Hari terakhir kita pulang, tapi karna salah beli tiket  kita harus naik kereta lokal Prameks ke wates dari yogya. Harga tiketnya sekitar 8 ribuan, sebenernya naik Prameks kita bisa ke solo langsung dari yogya juga jadi buat yang mau travelling ke yogya bisa tuh extend liburan ke solo dan kota sekitarnya naik prameks.

Ada lanjutan cerita tentang KTP ilang, ternyata pas udah di kereta ada yang chat ke FB temenku dan bilang dia nemu KTP atas namaku seneng sih tapi masalahnya kita udah di jalan mau ke Jakarta 😢. Tapi dunia memang tak pernah kekurangan orang baik ya, setidaknya orang yang nemu KTP-ku nyempetin cari nama di FB dan komen di FB temenku yang emang lagi update foto di yogya. Orang yang nemu KTP-ku ternyata dia Office boy di stasiun Lempuyangan, dia pas nyapu katanya nemu  di deket tukang bubur dan diambilnya, disuruh titip ke satpam katanya gak percaya dan mending dikirim langsung ke Jakarta.

Pas di Jakarta akhirnya aku transfer uang buat kirim KTP ke Jakarta, Makasih buat mas-nya yang nemu sama kirimin KTP ☺.