17 Jul 2019

Dataran Tinggi Dieng, Jalan menuju awan

Hari ini mulai menjadi sesak dan ini saatnya LIBURAN!

Perjalanan kali ini tidak banyak rintangan atau cerita kacau seperti trip sebelumnya, karna kali ini kita ikut Open Trip sama travel wisata ke daerah Dataran Tinggi Dieng. Tentu saja ini bukan pertama kalinya open trip dan trip kali ini berjalan mulus dan lancar.

Dieng, dibalik kaca 1

Trip dimulai dengan browsing travel wisata buat ke dieng dan yang bisa mengakomodasi meeting point deket sama tempat kita tinggal. Banyak kok di instagram travel-travel yang nawarin paket wisata open trip tinggal pilih sesuai selera aja dan yang pasti research dulu di komen-komennya ataupun di tag fotonya. Bagi yang pengen praktis dan tinggal pergi liburan boleh nih open trip jadi pilihan, kalian gak bakal diribetin sama sewa tinggal, pilihan makan, sama jadwal trip dan tempat wisatanya karna semuanya udah ada dipaket perjalanan; tinggal bayar dan ketemu di meeting point yang dijanjiikan.

Dieng, dibalik kaca 2

Selesai memilih kita minta meeing pointnya daerah Bekasi, soalnya meeting point terdekat tapi karna meeting point kita ada diurutan paling akhir jadi ya konsekuensi duduk terpisah sama temen 😒. Ini salah satu hal yang berat sih ha ha ha soalnya ya kita jadinya selama perjalanan berasa canggung, apalagi kalau yang duduk deket kita ya satu circle jadi outsider sih fix. Tapi sebenernya ga gitu ngaruh sih soalnya perjalanan pergi tuh malem sampe subuh jadi kebanyakan tidur juga, bangun tiba-tiba udah di Pemalang sekitar jam 6 pagi dan masuk ke daerah Wonosobo mulai berkelok-kelok jalannya tapi pemandangannya indah banget.

Sampai di Dieng kita langsung makan mie ongklok (Makanan khas Wonosobo), kalau yang gak biasa sarapan mie mending pilih nasi sih biar kenyang karna perjalanan masih panjang!.

Jadwal selanjutnya kita ke Dieng Plateu Theater & Batu Pandang Ratapan Angin, disini agak lama sih soalnya kita ada jadwal buat nonton sejarah terbentuknya Dataran Tinggi Dieng dan budaya warga sekitar tapi karna penontonnya banyak kita terbagi beberapa sesi sambil nunggu bisalah foto-foto di sekitar Theater. Disini kita juga ketemu sama solo traveler dari Jakarta sama dari Jateng yang satu rombongan dan akhirnya jadi temen se-perjalanan, temen sekamar dan jadi tukang foto satu sama lain ☺ inilah keuntungan open trip kita jadi punya temen dadakan.

" DIENG PLATEU THEATER"

Sehabis dari theater kita dikasih waktu bebas 1 jam buat eksplor batu pandang ratapan angin, disini rame banget buat spot foto dan harus ngantri lama; temenku sampe bete dan males foto - _-. Batu pandang ratapan angin adalah spot yang bagus untuk melihat telaga warna dan telaga pengilon soalnya dua telaga ini punya warna air berbeda meskipun bersebelahan. Dan yang aku denger uniknya Telaga Warna adalah warna airnya yang berubah-ubah terkadang hijau, bisa jadi kuning atau malah seperti pelangi. Foto disini cuma keliatan telaga pengilon karna antrian fotonya panjang banget kalau mau  keliatan dua-duanya.

↠Ekspetasi pas mau foto☺
Realita antrian foto 😒

Abis eksplor kita pergi ke penginapan buat mandi istirahat dan makan, oiya satu kamar biasanya buat 4 orang jadi kalau kalian solo traveler atau cuma berdua ya terpaksa bakal dgabung sekamar sama yang satu rombongan. Sekitar jam 3pm kita ada jadwal ke kawah sikidang, disini kita bisa melihat aktivitas vulkanik kawah gunung berapi secara langsung. Kawah sikidang berada di tanah yang datar sehingga pengunjung bisa melihat lumpur panas meletup-letup dan gas atau asap yang berwarna putih pekat mengepul di udara.
Kawah Sikidang
Di kawah sikidang kita dibebaskan buat eksplor sendiri dan disini banyak oleh-oleh khas Dieng jadi kalau mau belanja buah tangan bisa milih-milih makanan ataupun souvenir pas mau keluar dari area ini.

Candi Arjuna

Jadwal selanjutnya menemani sore kita dengan sunset di Candi Arjuna dan pas kesini udah sore banget jadi ya mau foto pun jadi kurang bagus pencahayaanya. Padahal kawasan Candi Arjuna ini tu luas dan bagus bahkan candinya pun tidak hanya satu cuma karna jadwal kita kesana sore menjelang malang jadi kebagian penutupannya aja.

Habis dari sini kita ke kawasan kotanya buat makan malam sama acara bebas, kebanyakan sih disini kita makan dan jajan buat oleh-oleh. Udara di Dieng menjelang sore tuh dingin banget jadi siapin jaket tebel, semakin malem makin dingin yang pasti.

Jam 8 balik ke penginapan dan waktunya istirahat, waktu kesana kebetulan tuh  bulan Juli dan lagi puncaknya kemarau tapi justru kebalikan pas malem tuh dingin bangett sampe gak bisa tidur sampe temen sekamar tuh kebangun gegara kedinginan. Jadwal besoknya adalah sunrise di puncak Sikunir, dan kita dijadwalin berangkat jam 3 pagi biar dapet spot yang bagus buat nunggu sunrise.

Tapi karna kita sekamar ga bisa tidur jam dua udah siap-siap dan udah nunggu di depan penginapan wkwkwk bahkan guidenya aja belum keliatan. Sambil nunggu kita ngobrol sama warga lokal yang jaga mobil travel sambil ditemenin api unggun, kalau kata mereka pas bulan Juli itu lagi sering ada embun upas di Candi Arjuna kalau shubuh menjelang pagi jadi lebih bagus disana; sayang jadwal kita ke Candi Arjuna udah kemaren. Dan karena kita pake travel wisata ya kita ikutin jadwal yang sudah ada jadi gak bisa bebas buat ke tempat lain.

Kawasan Candi Arjuna yang bisanya kalau pagi ada Embun Upas (Embun Es) 🌀🌀

Jam 2 pagi depan penginapan
Jam 3 pagi kita mulai perjalanan sekitar 30-45 menit tapi karna macet ke arah Bukit Sikunir jadi mobil gak bisa masuk lagi dan kita semua harus mulai trekking 500m ke bawah Bukit Sikunir (ini baru jalan biasa belum mulai menanjak) tapi tenang ada ojek yang mengantarmu ke bawah bukit :D sekitar 10rb persatu ojek, tapi ini beneran ngebantu sih soalnya guidenya bilang dari bawah bukit tuh masih sekitar 30menitan sampe keatas bukit dan itu tuh jalanan keatas bukit pasti penuh jadi lebih cepat dan menghemat tenaga, waktu disaranin naik ojek sih.

Pas sampe dibawah bukit tuh kita dikasih masker buat naik gitu soalnya jalanan pasti berdebu, oiya saran aja nih buat yang mau ke Bukit Sikunir gunakan baju tebal sama sepatu yang nyaman dan jangan putih soalnya sepanjang trekking naik karna jalanannya kecil dan menanjak dan ditambah banyak orang jadi debu tuh jadi semacam kabut pas naik sama turun.

Realita

Ditengah jalan ada mushola di beberapa pos jadi bisa sholat dulu sebelum nunggu sunrise, dan banyak spot sih buat dijadiin tempat nunggu sunrise gak perlu sampe puncak tapi masalahnya di tempat yang agak landai udah banyak orang yang duduk nunggu jadi terpaksa kita naik terus sampe puncak dan itu tuh untungnya kita yang berbadan kecil bisa nerobos sampe di ujung pagar.

Dan jangan bayangkan tempat yang sepi buat ngambil foto aesthetic pas sunrise soalnya yang nunggu sunrise udah kaya penonton konser yang sesak.

Realita pas nunggu sunrise tuh ya berdesakan gini jadi jagan heran yang pada foto disini kebanyakan mukanya aja atau cuma siluet soalnya tidak memungkinkan. Dari puncak Sikunir kita juga menyaksikan gunung Sindoro & gunung Sumbing.

Ekspetasi melihat sunrise dengan kedamaian

Tapi pemandangan pas kita nunggu sunrise emang bagus banget sih, keren parah dari mulai langit malam pekat kemudian matahari seakan muncul dari balik awan dan gunung; awalnya malu-malu dan diikuti oleh cahaya yang seakan mulai mengelilingi matahari kemudian teranglah dunia semua seakan bersinar dan terlihat jelas awan-awan mulai bergerak dan langit cerah dengan matahari baru. Jadi sebutan Puncak Sikunir sebagai Negeri Diatas Awan emang pas apalagi pas moment sunrise seperti ini.

Jam 6 pagi kita mulai turun dan pas sampe dibawah bukit banyak tempat makan yang lokasinya outdoor gitu, kita sarapan susu jahe dan mendoan panas wuenakk poll pas banget baru turun dari bukit terus cape lapar. Sehabis sarapan kita kumpul jam 7an di deket mobil, tapi ya ngaret sampe setengah jam lebih karna masih banyak yang makan dan baru turun dari bukit ya emang kalau itkut open trip ya ini kekurangannya sih soalnya kita harus mementingkan jadwal kelompok soalnya kalau engga jadwal yang lain bisa berantakan.

Tapi overall have fun sih selama di Dieng dan pelayanan dari travel wisatanya pun bagus, lebih asik sih kalau ikut open trip tuh sama beberapa temen jadi biar ramenya maksimal tapi yang buat solo trip pun bakal rame juga soalnya bisa ketemu temen baru contohnya aku, pergi cuma sama temen berdua eh pulang bisa berempat.