26 Jun 2018

[Part 1] Yogyakarta - Awalnya

Mau sedikit share tentang perjalananku ke Yogyakarta J
Bukan hal besar sih sebenernya Cuma pengingat buatku, kadang tuh media sosial kaya album buat kita; kalau blog tuh kaya diary di dunia digital sih menurutku jadi ini kaya aku mau nulis catatan perjalanan hi hi hi.
Sore dari Prambanan
Oke semua ini dimulai dengan keinginan besar buat travelling sendiri tanpa ada embel-embel agen perjalanan dan sebagainya. Tapi gak mungkin juga kalau sendirian jadi barenglah sama temen kantor berdua (penakut akutu L ).  Awal tahun 2018 udah pesen tiket st senen-wates bolak balik langsung karna emang kebetulan pas lagi tanggal merah liburannya, tapi dasar ya keliatan banget baru pertama kali liburan tanpa orang lain sampe pesen tiket aja keliru harusnya pesen tiket tuh yang di dalam kota yogya nya ini mah malah milih stasiun yang jauh (iya wates itu pinggiran yogya dan masih sekitas setengah jam pake kereta).  Waktu itu belum mikir sampe wates itu di mana jadi woles aja, ada saudara juga di sana bela diriku yang lain Ha Ha Ha. Oke tiket selesai, sekarang penginapan!! karna sepupu tinggal di asrama gak mungkin juga nginep di sana jadi harus cari penginapan yang deket pusat kota semacam malioboro lah ya. Kemudian dapetlah penginapan walaupun itu mepet banget di daerah pugeran lumayanlah deket ke malioboro naik transyogya Cuma 5-8 menit, cukuplah. Rekomendasi situs lokal Yogya yang keren abis karna semuanya lengkap banget di sana mulai dari penginapan sampai rekomendasi tempat wisata beserta lokasi dan booking langsung di websitenya www.yogyes.com.

Pas hari H kita berangkat hari jumat malem dari stasiun senen dan sampe pagi langsung mau cuss jalan-jalan, penggiat liburan gini mah tidak pernah menyia-yiakan waktu sok-sok penuh jadwalnya padahal kebanyakan liat orang dijalan alias macet terus. Oia seharusnya kita turun di wates tapi pas liat di peta kita ga mungkin dapet kendaraan ke yogya lagi lebih tepatnya gak tau apa-apa sih jadi yang harusnya turun di wates kita gak turun dan ikut ke lempunyangan J. Pagi-pagi sampe di Lempunyangan langsung makan bubur depan stasiun sambil searching mau kemana, lebih enak nyewa motor sebenernya depan stasiun banyak tempat sewa gitu tapi kita dua-duanya gak ada yang bisa naik motor yasudahlah... saudara lagi ada kuliah jadi Cuma ngandelin internet; bhaique.

Salah satu miniatur yang ada di Museum Benteng Vredeburg
Karna kita check-in jam 1pm jadi gak mungkin pagi-pagi langsung dateng kesana, bisa sih kita nitip barang dulu tapi ya pengen kemana dulu jadilah kita ke benteng Vredeburg yang ada di deket Malioboro. Terima kasih sekarang udah banyak transportasi Online jadi orang-orang seperti kami terselamatkan yang minim dana juga kenalan, jadilah kurang dari setengah jam kita kita udah di benteng vredeburg deket banget sama taman pintar tinggal jalan kaki 3 menit sampe Cuma harga tiket masuknya juga beda sih tiket masuk benteng tuh Cuma 3k buat orang dewasa. Ada cerita miris sih pas sampai di benteng soalnya disitu aku baru nyadar bahwa ktp-ku hilang L, panik dong ke toilet buat ganti baju dll eh malah baru sadar ktp hilang. Tapi apa mau dikata semua isi tas udah dikeluarin dan gak ketemu yasudhlah apadaya aku mutusin buat surat kehilangan aja (ribet bgt nih orang yang  liburan malah ke kantor polisi ckckck). The show must go on, di benteng ini sebenernya gak terlalu rame bgt banyak spot yang bisa dijadiin objek foto beberapa bangunan didalamnya juga berisi museum yang menampilkan kejadian sejarah di benteng dan Yogya.

Mengerung karna panas dan silau :')

Dari benteng Vredeburg kita langsung jalan ke keraton letaknya sekitar 500m dari benteng kalau ditawarin naik becak mending jalan kaki deh lebih sehat deket juga kok, di sana bayar tiket masuk sekitar 5k/dewasa. Wah di keraton mulai banyak banget orang nya kebanyakan siswa study tour sih di keraton karna gak ada kegiatan dari istana jadi Cuma ada wisatawan aja padahal di sana banyak hall gede semacam untuk upacara dan pertunjukkan. Ada beberapa rumah, dan koleksi seperti mobil klasik, wayang, keris didalamnya, ada pemandu dari keraton juga yang bakal ngejelasin cerita dan kisah keraton berkaitan sama tempat di sana (yang gak mungkin diceritain juga disini he he ). Depan keraton bakal banyak banget yang jualan souvenir mulai dari baju sampe perintilan seperti gantungan tapi tahan dulu kalau baru hari pertama mending keliling kota sebelum beli oleh-oleh. Sebenernya dari keraton kita bisa naik becak ataupun jalan kaki ke Taman sari yang lokasinya juga gak jauh dari keraton Cuma karna hari itu kita mau ke candi Prambanan jadi di skip ke Taman sarinya.

Dari penginapan kita naik TransYogya ke candi Prambanan bayarnya cuma 3,5k sampe terminal deket candi sempet transit sekali Cuma tinggal nanya aja pasti penjaganya bakal nunjukin ke arah mananya (Gak pake kartu juga bisa kalau wisatawan). Yang aku suka dari kota Yogya tuh karna basisnya mereka kota wisata jadi warga sekitar dan petugas publik juga ramah ke turis lokal/luar dan jangan salah banyak bule juga yang naik Transyogya desek-desek sama kita, perjalanan sekitar satu jam sih belum macetnya Yogya jadi kalau mau naik Transyogya ke Prambanan jangan mepet aja (Prambanan 8am-4pm). Dari terminal akhir deket

Pose wajib depan
 Prambanan kita jalan kaki sekitar 600m ke pintu masuk Prambanan bisa pake ojek juga tapi mending jalan kaki, sehat!! (padahal mah kaki gempor juga semaleman L). Pas sampe di Prambanan kita beli tiket masuk bisa sekalian beli tiket buat ke candi Borobudur jadi bisa lebih murah sekitar 80k untuk dua lokasi. Karna kita pas masuk Prambanan sudah menuju sore jadi gak terlalu panas sih cuacanya enak, Cuma ya kurang cahaya buat foto aja ... teteup tapi banyak orang di candinya sampe banyak yang nunggu sunset gitu kayanya.

Udaranya sejuk sih kalau sorean gini
Beautiful sight

Balik dari Prambanan pake Transyogya lagi turun di halte Malioboro sambil nyari makan tapi ya kita makan di lesehan Malioboronya dan mahil cuy ya gak jauh beda sama harga jakarta lebih mahal malahan dan pas denger dari saudara juga dia gak pernah makan di sana ya gegara gak masuk kantong mahasiswa. Buat yang travel kita harus persiapan scan kartu identitas sih kayanya itu membantu bgt soalnya kemarin pas ilang KTP karna semua kartu identitas udah scan dan tinggal dibuatin surat kehilangannya (oh deket malioboro ada polsek kok tenang), padahal ya temen tuh udah panik pas aku ilang KTP takutnya gak bisa balik Jakarta karna buat tiket kan harus pake KTP tapi ya kalau keadaan kaya gitu harus tenang dulu jadi bisa mikir jernih juga insyaAlloh ada jalannya. Makin malem di Malioboro makin rame apalagi daerah di titik nol kilometer Yogya dan sepanjang Malioboro banyak pertunjukan seni mulai dari puisi, musik, ataupun yang sekedar nonkrong sambil makan abis belanja.

Kemudian pulang dan lelah :))) .